Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pilih Purwakarta Untuk Kegiatan KKN

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pilih Purwakarta Untuk Kegiatan KKN

217
0
BERBAGI
Audensi dengan Himpunan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

PURWAKRTA – Bhakti sosial ini diadakan dalam rangka mengisi liburan panjang dan setiap tahun pihaknya selalu mengadakan bakti sosial tersebut. Untuk tahun ini kegitan bahkti sosial tersebut diadakan di Kabupaten Purwakarta bertempat di Desa Cibuntu Kampung Tegalhonje Kecamatan Wanayasa.

Hal itu disampaikan ketua Perhimpunan Masiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Muhamad rizky Malik kepada Pj Bupati Purwakarta Muhamad Taufik di Bale Nagri. Jumat (13/7/2018).

Rizki mengatakan lokasi tersebut dipilih atas rekomendasi dari beberapa Dinas terkait juga dari PERMATA (Persatuan Mahasiswa Purwakarta), bakti sosial akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli sampai tanggal 11 Agustus 2018 selama kurang lebih dua minggu. Sebelum melaksanakan kegiatan bhakti sosial tersebut pihaknya mengadakan survei lokasi.

“Alhamdulilah kami mendapatkan respon yang cukup baik dari masyarakat setempat”. ujarnya
Menurut Rizki melihat dari potensi alam dan lokasi wilayah Desa Cibuntu kampung Tegalhonje, pihaknya sangat tertarik terutama dari segi bentuk rumah penduduk setempat yang masih tradisional, sangat menarik kalau dibentuk kampung adat dan dijadikan obyek wisata alam, tempat tersebut perlu dikembangkan agar para wisatawan berdatangan ke daerah tersebut.

Dia menambahkan bhakti sosial ini selain dari pengembangan wilayah tersebut menjadi lokasi wisata, pihaknya akan membantu dari segi pendidikan, penyuluhan ciptakarya dari kebersihan juga kesehatan seperti membuat tempat – tempat sampah dan membuat MCK juga dari insprastruktur agar akses tranfirtasi ke wilayah tersebut menjadi lancar.

Pj Bupati Purwakarta Muhamad Taufiq memgapresiasi kepada Mahasiswa UIN Syarif Hidayattullah yang akan melaksnakan bakti sosial di Desa Cibuntu Kampung Bojonghonje, pihaknya merasa kagum dengan konsep dan program – program yang telah digambarkan serta menrici kebutuhan – kebutuhan di lapangan waktu pelaksanaan nanti.

M Taufiq menambahkan konsep seperti ini perlu ditiru oleh siapapun yang nanti akan melaksanakan program bhakti sosial di Purwakarta, menurutnya program seperti ini perlu di prioritaskan dan mengedepankan partisipasi dari masyarakat yang akan dilaksanakanya kegitan tersebut, menurut Taufiq ini merupakan program yang baik untuk masyarakat Purwakarta umumnya dan kususnya masyarakat Desa Cibuntu.

M taufik mengatakan dari segi pendidikan pihaknya menyampaikan, program pendidikan harus menjadi prioritas di Daerah manapun juga, dan ini merupakan sudah menjadi program Nasional. Menurut Taufiq agar masyrakat sekitar menjadi gemar membaca, pihaknya menyarankan agar berdiskusi dengan tokoh masyarakat sekitar perlu atau tidaknya dibuatkan taman baca.

Beliau menambahkan jika diperlukan maka pihaknya siap membatu mengadakan buku – buku bacaan yang bermanfaat bagi masyarakat juga anak – anak sekolah, masyarakat Purwakarta saat ini perlu meningkatkan literasi membaca dan menulis, kedepanya masyarakat dapat memahami apa yang telah dibaca dan melaksanakan apa yang telah dibaca.

Taufik mengharapkan bagi para mahasiswa yang melaksanakan bhakti sosial selama dua minggu bisa memberikan perbaikan kondisi di kampung Bojonghonje ini, seperti usulan – usulan untuk mengembangkan wisata budaya mengembangkan fasilitas pendidikan, serta fasilitas lainya bisa dikembangkan terus.

“Jangaan sampai setelah mahasiswa selesai melaksanakan bhakti sosial maka kegiatan yang positif itu terus berlanjut.”
Hadir dalam kesempatan ini Kepala Disporaparbud, Kabag Kesra, BAPPED. (*)

LEAVE A REPLY