Pemdes Cibodas Terbantu Dengan Adanya Program Gempungan Buruan Urang Lembur

Pemdes Cibodas Terbantu Dengan Adanya Program Gempungan Buruan Urang Lembur

71
0
BERBAGI

PURWAKARTA – Program berbasis pelayanan masyarakat yaitu gempungan di buruan urang lembur merupakan salah satu program unggulan Pemkab Purwakarta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di Desa.

Gempungan adalah salah satu pelayanan jemput bola dari seluruh dinas terkait kepada masyarakat. Seluruh Kegiatan dipusatkan di lapangan desa atau kantor desa.

Ditemui di sela kegiatan Gempungan di Desa Cibodas, Kepala Desa Cibodas Cep Supriatna mengapriasiasi pemerintah dalam hal ini bupati purwakarta yang telah membantu masyarakatnya dalam berbagai pelayanan program tersebut.

Menurutnya kegiatan tersebut bagian dari optimalisasi pelayanan, diantaranya layanan Keluarga Berencana (KB), pembuatan dokumen kependudukan, pelayanan kesehatan serta perpustakaan keliling.

“Warga kami sangat terbantu dengan di permudahkanya berbagai pelayanan,terlebih jemput bola kepada masyarakat,” ujar Cep Supriatna di Desa Cibodas, Sukatani, Purwakarta. Rabu (20/3/2019).

Tak hanya sejumlah pelayanan bagi masyarakat, akses pelayanan untuk para petani dan peternak pun ada, dalam kegiatan itu juga para petani maupun peternak mendapat bantuan kartu tani dari dinas Pertanian serta pembagian susu gratis dari dinas peternakan.

“Bukan hanya pelayanan publik saja, tapi peningkatan seperti pertanian dan peternakan bisa dimanfaatkan dalam pelayanan ini,” tambah dia.

Selain itu, sebagian warga kurang mampu mendapatkan bantuan untuk di ikutkan program keluarga penerima jaminan kesehatan melalui jaminan kesehatan nasional, dengan dicover kepesertaannya oleh Pemkab Purwakarta.

Sementara, Penjabat Sekda Purwakarta Iyus Permana mengatakan, untuk gempungan kali ini disandingkan dengan launching program Keluarga Penerima Jaminan Kesehatan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Data dari pihak kecamatan Sukatani, sambungnya, diketahui dari 4.165 warga Desa Cibodas baru ada 243 warga yang di-cover BPJS Kesehatan.

“Apabila bantuan dari provinsi sudah turun, sembari menunggu pemutakhiran data terlebih dahulu,agar tercover” kata Iyus.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, program Keluarga Penerima Jaminan Kesehatan melalui JKN merupakan bentuk perhatian Bupati Purwakarta kepada warganya.

“Hal ini sejalan dengan visi Mewujudkan Purwakarta Istimewa. Salah satu misi pembangunan, yakni meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial masyarakat,” ujarnya.

Bukan hanya kepala Desa, Masyarakatpun cukup terbantu dengan adanya pelayanan Gempungan di Buruan Urang Lembur, menurut Nani (32), dirinya merasakan kemudahan adanya program jemput bola tersebut.

“membantu baru aja tadi buat KK sama Akte Kelahiran,” singkatnya. (*)

LEAVE A REPLY